Kamis, 03 Juli 2014

MEMILIH JUDUL SKRIPSI

NAMA: QISTHI NUR HIDAYAH
NIM: 133311005
KELAS: KI 2A
DOSEN PENGAMPU: M. RIKZA CHAMAMI, MSI
TUGAS: MEMILIH SALAH SATU JUDUL SKRIPSI DARI 3 JUDUL YANG ADA
Di Perpustakaan Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan saya menemukan 3 judul skripsi, yaitu:
1. JUDUL SRIPSI: Manajemen Pendidikan Islam Non Formal (studi pada pengajian ahad pagi bersama (PAPB) Pedurungan Semarang)
PENULIS : M. Khoirul Anam
NIM : 06331104
TAHUN : 2011

2. JUDUL SKRIPSI : Peran Kepala Madrasah Dalam Manajemen Pendidikan Islam
PENULIS : Marohah
NIM : 073111570
TAHUN : 2009 

3. JUDUL SKRIPSI : Strategi Kepala Sekolah Dalam Peningkatan Mutu Tenaga Pendidik Di SDI Hidayatullah Semarang
PENULIS : Azimatul Ulya
NIM : 63311037
TAHUN : 2010

Dari ketiga judul di atas, saya lebih tertarik pada judul skripsi yang pertama yaituManajemen Pendidikan Islam Non Formal (studi pada pengajian ahad pagi bersama (PAPB) Pedurungan Semarang)”. saya tertarik pada judul tersebut karena dengan adanya manajemen pendidikan non formal, maka pendidikan tersebut dapat berjalan dengan baik dan lancar, serta tidak akan tertinggal jauh dengan pendidikan formal. Setidaknya dengan adanya manajemen dalam pendidikan non formal dapat mengimbangi pendidikan yang formal terutama pendidikan Islam seperti pengajian.
Dari judul yang semula, saya akan menggantinya dengan judul “Manajemen Pendidikan Non Formal (studi pengajian ahad pagi bersama (PAPB) Magelang”.
1.      LATAR BELAKANG
Manajemen adalah suatu hal penting yang menyentuh, mempengaruhi dan merasuki seluruh aspek kehidupan. Dengan manajemen manusia mampu mengenali kemampuan, kelebihan, dan kekurangannya. Manajemen juga menunjukkan cara-cara yang lebih efektif dan efisien dalam pelaksanaan suatu pekerjaan. Manajemen dapat mengurangi hambatan-hambatan dalam rangka pencapaian suatu pekerjaan.
Manajemen sebagai pengendalian suatu usaha yaitu proses penggerakan serta bimbingan pengendalian semua sumber daya manusia dan sumber materiil dalam kegiatan pencapaian tujuan organisasi. Dengan demikian manajemen memungkinkan terjadinya perpaduan dari semua usaha dan kegiatan. Tujuan organisasi menciptakan kerjasama yang baik demi kelancaran efktifitas kerja.
Pentingnya suatu manajemen disebabkan manajemen perlu untuk kemajuan dan pertumbuhan. Manajemen mengakibatkan pencapaian tujuan secara teratur. Manajemen dibutuhkan oleh setiap kerjasama sekelompok orang dalam pembagian kerja tugas dan tanggung jawab.
Sedangkan dalam pendidikan Islam, manajemen pendidikan juga sangat diperlukan. Apalagi Islam adalah agama dakwah, artinya agama yang selalu membina umatnya untuk senantiasa melakukan kegiatan dakwah, walaupun itu hanya satu ayat. Kegiatan dakwah tersebut biasanya terlaksana di masjid-masjid. Karena sekarang perkembangan teknologi sudah sangat maju, maka kurang efktif dan efisien jika hanya berdakwah di masjid-masjid. Dakwah jugadapat dilakukan di sosial media sesuai dengan perkembangan teknologi saat ini.
Pendidikan non formal yang banyak ditemukan dalam masyarakat, adalah pengajian. Pengajian yang dilakukan itu kebanyakan diikuti oleh orang dewasa apalagi yang sudah lanjut usia. Dan hanya sedikit anak kecil dan remaja. Sebenarnya dengan diadakannya pengajian itu dapat menambah wawasan seseorang tentang pendidikan Islam. Juga dapat memperkuat iman dan ketakwaan seseorang serta dapat memberikan nasehat kepada orang yang membutuhkan utuk memperoleh kebenaran, sehingga memproleh ridho Allah SWT.
Sedangkan di daerah Magelang pengajian-pengajian tersebut masih kurang dinamis dan belum menyeluruh ke semua kalangan. Serta manajemen pendidikn Islam nya juga masih kurang memadai. Maka dari itu, saya tertarik untuk mengambil judul skripsi ini karena kurangnya pengetahuan Islam dalam masyarakat tersebut serta pentingnya manajemen pendidikan dalam pendidikan Islam.

2.      RUMUSAN MASALAH
Dari latar belakang di atas, dapat diambil beberapa rumusan masalah antara lain :
1.      Bagaimana manajemen kegiatan dalam Pengajian Ahad Pagi Bersama (PAPB) di Magelang?
2.      Apa yang harus dilakukan untuk dapat mengembangkan minat masyarakat Magelang terhadap pendidikan Islam?
3.      Apa saja fakor-faktor pendukung dan penghambat yang dihadapi dalam pelaksanaan pengajian tersebut?


Tidak ada komentar:

Posting Komentar