LAPORAN HASIL ANALISIS SOAL UJIAN
AKHIR SEMESTER GENAP 2014/2015
MATA
PELAJARAN : BAHASA ARAB
KELAS
: VIII A
SEKOLAH
: MTS INFARUL GHOY
OLEH
: QISTHI NUR HIDAYAH
NIM
: 133311005
MPI
4A
FAKULTAS ILMU TARBIYAH DAN KEGURUAN
UIN WALISONGO SEMARANG
2015
ANALISIS SOAL UAS MATA PELAJARAN
BAHASA ARAB
KELAS VIII A
DI MTS INFARUL GHOY
1.
Analisis
Terhadap Indeks Reliabilitas
Istilah reliabilitas sama saja dengan
istilah konsistensi, ketetapan, keajekan, kestabilan dan keandalan. Instrumen
yang reliabel belum tentu valid. Reliabilitas instrumen merupakan syarat untuk
pengujian validitas instrumen. Berdasarkan cara-cara melakukan pengujian tigkat
reliabilitas instrumen, secara garis besar ada dua jenis reliabilitas, yaitu
reliabilitas eksternal dan reliabilitas internal. Reliabilitas eksternal
diperoleh jika ukuran atau kriteria tingkat reliabilitas berada di luar
instrumen yang bersangkutan. Sebaliknya jika kriteria maupun perhitungan
didasarkan pada data dari instrumen itu sendiri, akan menghasilkan reliabilitas
internal.
Disini akan dibahas mengenai
reliabilitas internal. Berdasarkan sistem pemberian skor instrumen, ada 2
metode analsis reliabilitas internal, yaitu [1]:
Instrumen Skor Diskrit
Instrumen skor diskrit, nominal atau
pilah adalah instrumen yang skor jawaban / responsnya hanya dua, yaitu 1 (satu)
atau 0 (nol). Dengn kata lain hanya dua jawaban yaitu benar dan salah. Jawaban
benar diberi skor 1, sedangkan jawaban salah diberi skor 0. Dengan demikian
kita dapat mencari tingkat reliabilitasnya dengan menggunakan metode belah dua
yang dikemukakan oleh Spearman-Brown.
Dalam metode ini yang dibelah menjadi
dua adalah jumlah butir instrumennya. Untuk memudahkan dalam membagi menjadi
dua kelompok, jumlah butir instrumen harus genap. Dua belah butir instrumen (
baik berdasar nomor ganjil – genap maupun nmor awal – akhir), yang satu
belah/kelompok diberi kode X sedangkan belahan/kelompok yang lain diberi kode
Y, kemudian antara keduanya dikorelasikan satu dengan lain sehingga diperoleh
harga rxy. Untuk mencari korelasi
antara kelompok X dengan Y dapat digunakan korelasi product moment. Karena indeks korelasi yang diperoleh baru
menunjukkan hubungan antara dua belahan instrumen, maka untuk memperoleh indeks
reliabilitas instrumen masih harus menggunakan rumus Spearman-Brown, yaitu[2] :
r11 = 2r1/21/2 /
(1 + r1/21/2)
keterangan :
r1/21/2 = korelasi antara dua
belahan instrumen
r11 = indeks reliabilitas instrumen
contoh
instrumen dengan 6 butir soal diujicobakan pada siswa dengan hasil sebagai berikut :
Persiapan
Perhitungan Reliabilitas Instrumen
No
|
Nama
|
Nomor
butir
|
X
1,2,3
|
Y
4,5,6
|
X2
|
Y2
|
XY
|
|||||
1
|
2
|
3
|
4
|
5
|
6
|
|||||||
1
|
Abdullah
|
1
|
-
|
-
|
1
|
-
|
1
|
1
|
2
|
1
|
4
|
2
|
2
|
Afrida
|
1
|
-
|
-
|
1
|
-
|
1
|
1
|
2
|
1
|
4
|
2
|
3
|
Aisyah
|
1
|
-
|
-
|
1
|
-
|
1
|
1
|
2
|
1
|
4
|
2
|
4
|
A.Aam
|
1
|
-
|
-
|
-
|
-
|
-
|
1
|
0
|
1
|
0
|
0
|
5
|
A.Faiz
|
1
|
1
|
1
|
1
|
1
|
1
|
3
|
3
|
9
|
9
|
9
|
6
|
Bagas
|
1
|
-
|
-
|
-
|
-
|
1
|
1
|
0
|
1
|
0
|
0
|
Ka
|
Della
|
1
|
-
|
-
|
-
|
-
|
1
|
1
|
1
|
1
|
1
|
1
|
8
|
Devi
|
1
|
1
|
-
|
1
|
-
|
-
|
2
|
1
|
4
|
1
|
2
|
9
|
Dimas
|
-
|
1
|
1
|
1
|
-
|
-
|
1
|
1
|
1
|
1
|
1
|
10
|
Farid
|
1
|
-
|
-
|
-
|
-
|
-
|
1
|
0
|
1
|
0
|
0
|
Jumlah
|
13
|
12
|
21
|
24
|
19
|
Keterangan
:
X=
belahan awal, nomor butir 1,2,dan 3
Y=
belahan akhir, nomor butir 4,5,dan 6
Dimasukkan
ke dalam rumus product moment angka
kasar :
Rxy
=
=
=
=
= 0,542
Oleh karena indeks korelasi yang
diperoleh baru menunjukkan hubungan antara dua belahan instrumen, maka untuk
memperoleh indeks reliabilitas dihitung dengan rumus Spearnan-Browman, yaitu :
r11 = 2r1/21/2
/ (1 + r1/21/2)
= 2 × 0,542 / (1 + 0,542)
= 1,084 / 1,542
= 0,702
Dari tabel harga kritik product moment diperoleh harga r untuk
jumlah responden (N) = 10 dengan taraf signifikan 5% diperoleh harga rtabel
= 0,632. Karena rhitung > rtabel (0,702 >
0,632) dapat diartikan bahwa ada korelasi yang signifikan, instrumen dianggap
reliabel.
2.
Analisis
Terhadap Indeks Daya Beda Butir
Daya beda butir soal adala kemampuan
butir soal untuk membedakan antara murid yang memiliki kemampuan tinggi dengan
murid yang memiliki kemampuan rendah. Indeks daya beda dikategorikan menjadi 3,
yaitu :
1. <0,10 = ditolak
2. 0,10-0,29 =
direvisi
3. >0,30
= diterima
Sedangkan
menurut Suharsim Arikunto, daya beda dikategorikan sebagi berikut :
a. 0,00
– 0,20 = jelek
b. 0,21
– 0,40 = cukup
c. 0,41
– 0,70 = baik
d. 0,71
– 1,00 = baik sekali
Untuk butir soal yang ideal, day bedanya
berkisar antara 0,20 – 1,00. Sehingga apabila ditemukan daya beda butir yang
negatif, sebaiknya guru mengganti butir tersebut apabila hendak dimunculkan
dalam tes berikutnya. Karena daya beda negatif memberikan pengertian bahwa
kelompok lower lebih baik daripada kelompok upper sebesar akar yang diperlukan.[3]
Untuk mengetahui daya pembeda soal
bentuk pilihan ganda adalah menggunakan rumus berikut ini :
Atau
Keterangan
:
DP=
Daya pembeda soal
BA=
jumlah jawaban benar pada keompok atas
BB=
jumlah jawaban benar pada kelompok bawah
N=
jumlah siswa yang mengerjakan tes
Contoh tabel daya beda,
sebagai berikut :
No Butir
|
Kel. Atas
|
Kel. Bawah
|
Beda
|
Dp (%)
|
Keterangan
|
1
|
5
|
5
|
0
|
0,00
|
Jelek
|
2
|
6
|
3
|
3
|
42,86
|
Baik
|
3
|
6
|
0
|
6
|
85,71
|
Baik
sekali
|
4
|
6
|
5
|
1
|
14,29
|
Jelek
|
5
|
6
|
1
|
2
|
28,57
|
Cukup
|
6
|
3
|
1
|
4
|
57,14
|
Baik
|
Pembahasan :
=
=
3.
Analisis
Terhadap Tingkat Kesukaran Butir Soal
Tingkat kesukaran soal atau proporsi
jawaban benar adalah jumlah peserta tes yang menjawab dengan benar pada butir
soal yang dianalisis dibandingkan dengan jumlah peserta tes seluruhnya
(Surapranata, 2004: 12). Butir soal yang banyak dikerjakan dengan benar oleh
peserta didik termasuk tipe soal mudah. Sebaliknya soal sulit adalah soal yang
dikerjakan dengan benar oleh lebih sedikit peserta didik.
Sedangkan menurut Arikunto (2009: 207) bilangan yang menunjukkan sukar
dan mudahnya sesuatu soal disebut indeks kesukaran (difficulty index). Indeks
kesukaran butir adalah bilangan yang menunjukkan sukar dan mudahnya soal.
Semakin tinggi indeks kesukaran butir maka soal semakin mudah. Soal yang baik
adalah soal tidak terlalu mudah atau tidak terlalu sukar. Analisis tingkat
kesukaran soal adalah mengkaji soal-soal dari tingkat kesulitannya sehingga
dapat diperoleh soal-spal mana yang termasuk soal rendah, sedang, dan
sukar.
Menurut Witherington dalam Sudijono (2008: 371) dan Arikunto (2009: 207)
angka indeks kesukaran butir itu besarnya berkisar antara 0,00 sampai dengan
1,00. Semakin besar angka indeks kesukaran maka soal semakin mudah. Jika
seluruh peserta ujian menjawab dengan salah butir tersebut maka soal tersebut
sangat sukar dengan angka kesukaran 0,00 dan jika angka kesukaran 1,00 maka
soal sangat mudah karena dijawab dengan benar oleh seluruh peserta tes.[4]
Indeks kesukaran butir dapat di hitung dengan formula :
Keterangan
:
P=
indeks kesukaran butir
B=
jumlah responden yang menjawab benar
JS=
jumlah responden seluruhnya
Hasil perhitungan dengan menggunakan
rumus di atas menggambarkan \tingkat kesukaran soal tersebut. Klasifikasi
tingkat kesukran soal dapat di contohkan sebagai berikut :
-
Soal dengan
indeks 0,00 ≤ p < 0,30 = soal sukar
-
Soal dengan
indeks 0,30 ≤ p < 0,70 = soal sedang
-
Soal dengan
indeks 0,70 ≤ p < 1,00 = soal mudah
Contoh tabel indeks tingkat kesukaran soal
No
butir
|
Jumlah
betul
|
Tingkat
kesukaran(%)
|
Tafsiran
|
1
|
22
|
81,48
|
Mudah
|
2
|
16
|
59,26
|
Sedang
|
3
|
12
|
44,44
|
Sedang
|
4
|
19
|
70,37
|
Sangat mudah
|
5
|
6
|
22,22
|
Sukar
|
6
|
14
|
51,85
|
Sedang
|
Pembahasan :
4.
Analisis
Indeks Korelasi Skor Butir dengan Skor Total Butir
Suatu butir instrumen
dikatakan valid apabila memiliki sumbangan yang besar terhadap skor total.
Dengan kata lain dikatakan mempunyai validitas yang tinggi jika skor pada butir
mempunyai kesejajaran dengan skor total. Kesejajaran ini dapat diartikan dengan
korelasi, sehingga untuk mengetahui validitas butir digunakan rumus korelasi product moment.
Sebagai contoh instrument untuk mengetahui sikap
siswa terhadap mata pelajaran bahasa arab dengan skala 1. Instrumen memiliki 6
butir pertanyaan maupun pernyataan. Instrumen tersebut diberikan kepada 10
siswa. Berdasarkan respon siswa diperoleh data sebagai berikut :
Analisis
Butir Untuk Perhitungan Validitas Butir
No
|
Nama
|
Nomor Butir
|
Skor Total
|
|||||
1
|
2
|
3
|
4
|
5
|
6
|
|||
1
|
Abdullah
|
1
|
0
|
0
|
1
|
0
|
1
|
3
|
2
|
Afrida
|
1
|
0
|
0
|
1
|
0
|
1
|
3
|
3
|
Aisyah
|
1
|
0
|
0
|
1
|
0
|
1
|
3
|
4
|
A.Aam
|
1
|
0
|
0
|
0
|
0
|
0
|
1
|
5
|
A.Faiz
|
1
|
1
|
1
|
1
|
1
|
1
|
6
|
6
|
Bagas
|
1
|
0
|
0
|
0
|
0
|
1
|
2
|
7
|
Della
|
1
|
0
|
0
|
0
|
0
|
1
|
2
|
8
|
Devi
|
1
|
1
|
0
|
1
|
0
|
0
|
3
|
9
|
Dimas
|
0
|
1
|
1
|
1
|
0
|
0
|
3
|
10
|
Farid
|
1
|
0
|
0
|
0
|
0
|
0
|
1
|
Jumlah
|
9
|
3
|
2
|
6
|
1
|
6
|
27
|
Misalnya akan dihitung validitas butir nomor 1, maka
skor butir nomor tersebut disebut variabel X dan skor total disebut vriabel.
Selanjutnya perhitungan dilakukan dengan menggunakan rumus korelasi product moment baik dengan rumus deviasi
maupun rumus angka kasar. Berikut ini contoh menghitung validitas butir nomor 1
dengan menggunakan rumus korelasi product
moment dengan rumus angka kasar.
Persiapan
Untuk Menghitung Validitas Butir No 1
No
|
Nama
|
X
|
Y
|
X2
|
Y2
|
XY
|
1
|
Abdullah
|
1
|
3
|
1
|
9
|
3
|
2
|
Afrida
|
1
|
3
|
1
|
9
|
3
|
3
|
Aisyah
|
1
|
3
|
1
|
9
|
3
|
4
|
A.Aam
|
1
|
1
|
1
|
1
|
1
|
5
|
A.Faiz
|
1
|
6
|
1
|
36
|
6
|
6
|
Bagas
|
1
|
2
|
1
|
4
|
2
|
7
|
Della
|
1
|
2
|
1
|
4
|
2
|
8
|
Devi
|
1
|
3
|
1
|
9
|
3
|
9
|
Dimas
|
0
|
3
|
0
|
9
|
0
|
10
|
Farid
|
1
|
1
|
1
|
1
|
1
|
Jumlah
|
9
|
27
|
9
|
91
|
24
|
Dimasukkan ke dalam rumus :
Rxy
=
Kemudian
angka-angka tersebut dimasukkan kedalam rumus tersebut, sebagai berikut:
Rxy
=
Rxy
=
Rxy
=
Rxy
=
=
-0,074
Dari perolehan data di atas dapat disimpulkan bahwa,korelasi
antara skor butir 1 dengan skor total lebih kecil dari harga kritik untuk
validias butir instrumen 0,632 (-0,074 < 0,632), maka dapat dikatakan bahwa
nomor butir 1 di atas adalah tidak valid.
5.
Analisis Efektifitas Pengecoh
Setiap tes pilihan ganda memiliki satu pertanyaan serta beberapa pilihan
jawaban. Diantara pilihan jawaban yang ada, hanya satu yang benar. Selain
jawaban yang benar tersebut, adalah jawaban yang salah. Jawaban yang salah itulah
yang dinamakan distractor (pengecoh). Dengan demikian efektifitas distraktor
adalah seberapa baik pilihan yang salah tersebut dapat mengecoh peserta tes
yang memang tidak mengetahui kunci jawaban yang tersedia. Semakin banyak siswa
yang memilih distraktor tersebut, maka distraktor itu dapat menjalankan
fungsinya dengan baik.
Cara menganalisis fungsi distraktor dapat dilakukan dengan menganalisis
pola penyebaran jawaban butir. Pola penyebaran jawaban sebagaimana yang
dikatakan sudijono (2005:411) adalah suatu pola yang dapat menggambarkan
bagaimana peserta tes dapat menentukan pilihan jawabannya terhadap
kemungkinan-kemungkinan jawaban yang dipasangkan pada stiap butir. Menurut Depdikbud (1993: 27) sebuah distraktor dapat dikatakan
berfungsi dengan baik jika dipilih oleh paling sedikit 5% untuk 4 pilihan
jawaban dan 3% untuk 5 pilihan jawaban. Sedangkan menurut Fernandes (1984: 29)
distraktor dikatakan baik jika dipilih oleh minimal 2% dari seluruh peserta.
Distraktor yang tidak memenuhi kriteria tersebut sebaiknya diganti dengan
distraktor lain yang mungkin lebih menarik minat peserta tes untuk memilihnya.
6.
Kesimpulan
Dari data hasil analisis di atas, dapat
disimpulkan ternyata data yang dihitung dan dianalisis secara manual hasilnya
sama dengan data yang di uji dengan program anates. Dan hasil-hasil tersebut
sesuai dengan teori-teori yang sudah ada. Hal itu berarti program anates dapat
digunakan dengan sebaik mungkin untuk lebih memudahkan para guru maupun calon
guru dalam memberikan penilaian terhadap peserta didiknya.
Namun apabila ingin mendapatkan data
yang lebih akurat bisa mengacu pada teori yang sudah ada dan kalau perlu
dihitung secara manual. Dengan demikian, penggunaan program anates sangatlah
dianjurkan dalam dunia pendidikan.
[1]
Eko PutronWidyoko, Evaluasi Program Pembelajaran (Yogyakarta
: Pustaka Pelajar, 2009),hlm.143.
[2]
Eko PutronWidyoko, Evaluasi Program Pembelajaran,.....hlm.147-148.
[3]
http://hilmanburhanudin.blogspot.com/2011/04/rumus-daya-pembeda-dan-tingkat.html
Tidak ada komentar:
Posting Komentar